Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kompetensi profesional guru matematika SD/MI melalui pelatihan microteaching berbasis permainan edukatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 29 guru matematika SD/MI di Kabupaten Kediri yang mengikuti pelatihan pada tanggal 23–25 Juni 2025. Penelitian ini menggunakan desain one group pretest-posttest dengan pendekatan campuran. Instrumen yang digunakan meliputi tes kompetensi professional dan observasi microteaching. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan mampu meningkatkan kemampuan peserta secara signifikan, ditandai dengan kenaikan rata-rata skor dari 56,52 pada pretes menjadi 78,52 pada postes atau meningkat sebesar 38,9%. Perbedaan ini teruji signifikan dengan uji t (Sig < 0,05) dan besarnya pengaruh pelatihan tergolong sangat tinggi (Cohen’s d = 1,7). Selain itu, standar deviasi postes yang lebih kecil dibanding pretes menunjukkan kemampuan peserta setelah pelatihan menjadi lebih homogen. Observasi microteaching mengonfirmasi bahwa sebagian besar peserta telah mampu menerapkan enam aspek pembelajaran dengan baik, terutama pada tahap pembukaan (91%), penanaman konsep (85%), serta appersepsi dan pemahaman konsep (masing-masing 83%). Meski demikian, aspek pembinaan keterampilan (82%) dan penutup (80%) masih memerlukan penguatan agar pelaksanaan pembelajaran lebih optimal. Penelitian ini merekomendasikan pelatihan selanjutnya memberikan porsi lebih besar pada praktik penutup pembelajaran dan pembinaan keterampilan siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025