Pasar Pelangi Marina Wakatobi adalah destinasi wisata dan petualangan dengan kuliner, area bersantai, berjalan kaki, dan fasilitas parkir nyaman. Kenyamanan pengunjung ditunjang pelayanan parkir prima. Tujuan dari penelitian ini adalah Mengetahui penerapan pelayanan parkir di Pasar Pelangi Marina Kabupaten Wakatobi, Mengetahui minat berbelanja konsumen di pasar tersebut, dan Menganalisis hubungan pelayanan parkir terhadap minat belanja konsumen menurut perspektif Ekonomi Syariah. Dalam penelitian ini menggunakan metodologi penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif, yang dilaksanakan di Pasar Pelangi Marina, Kelurahan Wanci, Kecamatan Wangi-Wangi, Kabupaten Wakatobi. Data yang digunakan terdiri dari data primer dan sekunder, yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil Penelitian ini menunjukkan, Pelayanan parkir yang diterapkan oleh Dinas Perhubungan Wakatobi telah sesuai dengan harapan konsumen dan mempengaruhi minat belanja mereka secara positif, Minat belanja konsumen tinggi, terlihat dari antusiasme pengunjung dan volume penjualan harian yang signifikan, dan Pelayanan parkir telah mencerminkan prinsip-prinsip Ekonomi Syariah seperti keadilan, keseimbangan, kemaslahatan, dan amanah. Hal ini selaras dengan QS. Al-Mutaffifin/83:1-3, yang menekankan pentingnya kejujuran dalam pelayanan. Pelayanan parkir yang jujur dan adil menjaga keberkahan pasar serta meningkatkan kepercayaan dan minat konsumen.
Copyrights © 2025