Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kompetensi pedagogik guru Al-Qur`an berdasarkan latar belakang pendidikan dan perannya dalam menjaga kualitas pembelajaran tahsin dan tahfizh Al-Qur`an melalui metode Ummi di SMP Al-Bayan Islamic School Jakarta Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode fenomenologi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan responden terdiri dari guru Al-Qur`an, koordinator guru Al-Qur`an, kepala sekolah, lima peserta didik dari setiap level, dan beberapa pihak terkait lainnya. Pengelolaan pembelajaran Al-Qur'an yang terencana dan sistematis memengaruhi keberhasilan proses dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi untuk menganalisis manajemen pembelajaran Al-Qur'an di Yayasan Media Amal Islami Jagakarsa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun manajemen pembelajaran di yayasan ini sudah cukup baik, hasil belajar siswa masih rendah. Faktor-faktor yang berkontribusi terhadap hal ini termasuk kurangnya pemahaman guru terhadap materi, alokasi waktu yang tidak memadai, target pembelajaran yang kurang maksimal, dan keterampilan membaca Al-Qur'an siswa yang masih rendah. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pengelolaan pembelajaran yang baik dan sistematis, didukung oleh sumber daya yang kompeten dan waktu yang cukup, akan meningkatkan kualitas hasil belajar Al-Qur’an siswa di Yayasan Media Amal Islami Jagakarsa.
Copyrights © 2025