Pada era digital, kebutuhan akan media pembelajaran interaktif berbasis teknologi semakin meningkat, terutama pada mata pelajaran Informatika yang memerlukan pendekatan visual dan praktis. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis Android pada mata pelajaran Informatika kelas 12 di MAN 1 Lombok Timur, yang diharapkan dapat meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian adalah siswa kelas 12 MAN 1 Lombok Timur. Hasil temuan kami berupa aplikasi pembelajaran interaktif berbasis android yang dinilai sangat layak oleh ahli materi (85%) dan ahli media (92%). Selain itu, respon siswa terhadap media ini menunjukkan hasil positif dengan persentase kepuasan sebesar 94%. Hasil ini menunjukkan bahwa aplikasi ini efektif dan layak sebagai media pembelajaran Informatika berbasis android untuk siswa kelas 12.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025