Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal)
Vol. 5 No. 1 (2024): February

Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Perundungan Siswa pada UPT SPF SD Inpres Perumnas Antang III Kota Makassar

Fitrah, Nur (Unknown)
Eka Fitriana HS (Unknown)
A. Afgan Nugraha (Unknown)
Jusmawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media sosial terhadap perilaku perundungan siswa pada UPT SPF SD Inpres Perumnas Antang III Kota Makassar. Dengan menggunakan teknik kuantitatif maka digunakan penelitian ex post facto. Populasi yaitu seluruh siswa kelas IV,V dan VI di UPT SPF SD Inpres Perumnas Antang III Kota Makassar yang berjumlah 291 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling . Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV,V dan VI dengan jumlah 38 siswa di UPT SPF SD Inpres Perumnas Antang III Kota Makassar. Dalam pengambilan data penelitian ini menggunakan instrumen berupa angket, dengan analisis data menggunakan SPSS. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa penggunaan media sosial siswa termasuk dalam kategori tinggi dengan persentase 34,2% sedangkan perilaku perundungan juga berada dalam kategori tinggi dengan persentase 39,5%. Selain itu dilakukan uji hipotesis yang dimana menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media sosial terhadap perilaku perundungan dengan nilai sig 0,000 < 0,05.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

GeoScienceEdu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Chemistry Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceEd Journal): |e-ISSN: 2723-2913, p-ISSN: 2723-2905| diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun (Peride Juni dan Desember) dan dimulai pada bulan Juni 2020 oleh Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram. Artikel dapat diterima ...