Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 5 No. 2 (2025): June-September 2025

Pengelolaan Ecoenzim Pertanian dari Limbah Organik Dapur di Desa Simpang Dolok

Siregar, Izzatul Munawwaroh (Unknown)
Hakim, Abdu Rahman (Unknown)
Pratama, Riandi (Unknown)
Azzahra, Rachel Sabina (Unknown)
Panjaitan, Zayyan Tsabitah (Unknown)
Pohan, Nurul Fattah (Unknown)
Lesmana, Rizka Adillah (Unknown)
Bayhaqqi, Ray Habib (Unknown)
Witra, Layla (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Sep 2025

Abstract

Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) tahun 2025 di Desa Simpang Dolok, Kecamatan Datuk Lima Puluh, Kabupaten Batu Bara, Provinsi Sumatera Utara, merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat yang mengusung tema pelestarian lingkungan melalui pemanfaatan limbah organik. Salah satu kegiatan utama yang dilaksanakan adalah seminar edukatif mengenai pembuatan ecoenzim, yaitu cairan hasil fermentasi limbah organik yang memiliki berbagai manfaat ekologis dan ekonomis. Kegiatan ini menghadirkan narasumber langsung, Ibu Issurya Nancy, S.Sos., M.Si., yang memberikan pemaparan materi dan praktik pembuatan ecoenzim secara langsung kepada warga, khususnya ibu-ibu rumah tangga. Seminar ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat dalam mengelola sampah organik secara ramah lingkungan, sekaligus mendorong terciptanya kebiasaan baru yang berorientasi pada pelestarian alam. Hasil kegiatan menunjukkan respon positif dan partisipasi aktif dari warga, yang menandakan adanya kesadaran kolektif terhadap pentingnya pengelolaan limbah berbasis masyarakat.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edusociety

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The focus of the Edu Society: Journal of Education, Social Sciences, and Community Service is on various problems in the fields of Education, Social Sciences and Community Service, both as material objects and as formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners and ...