Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal)
Vol. 6 No. 2 (2025): May

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa

Nurjanah, Nurjanah (Unknown)
Syaiful Musaddat (Unknown)
Nur Rahmah Suryani (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Mar 2025

Abstract

Penilitian ini bertujun untuk meningkatkakan hasil belajar siswa tentang Kekayaang Budaya Indonesia pada pembelajaran IPAS menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match pada siswa Kelas IV di SDN 6 Ampenan. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 21 orang siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, pada setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan dengan satu kali untuk pelaksanaan pembelajaran dan satu kali pertemuan pelaksanaan tes akhir siklus. Rancangan pada setiap siklus ini terdiri empat tahapan yaitu dimulai dengan merencanakan, selanjutnya melakukan tindakan, mengamati, dan yang terakhir refleksi. Data penelitian tentang hasil belajar IPAS siswa dikumpulkan menggunakan metode tes objektif. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada di siklus I masih berada pada kategori sedang secara klasikal belum terpenuhi. Sedangkan di siklus II telah memenuhi KKM dan berada dalam kategori tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketika pembelajaran IPAS materi Kekayaang Budaya Indonesia melalui penerapan model pembelajaran Kooperaatif Tipe Make a Match, hasil belajar siswa meningkat

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

GeoScienceEdu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Chemistry Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceEd Journal): |e-ISSN: 2723-2913, p-ISSN: 2723-2905| diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun (Peride Juni dan Desember) dan dimulai pada bulan Juni 2020 oleh Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram. Artikel dapat diterima ...