Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal)
Vol. 6 No. 2 (2025): May

Penerapan Pendekatan Teaching at the Right Level untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 5 Sd Negri 36 Cakranegara Pada Mata Pelajaran Ppkn

Kholilianti, Widya (Unknown)
Imam Malik (Unknown)
Sang Ayu Tirtawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Mar 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 5 SD Negri 36 Cakranegara melalui pendekatan Teaching at the Right Level(TaRL) pada mata pelajaran PPKn. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan jumlah subjek penelitian berjumlah 24 orang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti berupa observasi dan tes. Instrument yang digunakan adalah lembar observasi, tes awal atau diagnostic dan tes hasil belajar peserta didik. Penelitian ini dilakukan selama dua siklus yang masing-masing terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (action), observasi dan evaluasi (observing) dan refleksi (refleksing). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pra-siklus, persentase ketuntasan belajar peserta didik hanya mencapai 33,3% dengan nilai rata-rata 56,3%. Pada siklus pertama, ketuntasan meningkat menjadi 75% dengan nilai rata-rata 78,25%. Selanjutnya, pada siklus kedua, ketuntasan belajar mencapai 87,5% dengan nilai rata-rata 82,5%. Penelitian ini dinyatakan berhasil karena persentase ketuntasan telah melebihi 75%.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

GeoScienceEdu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Chemistry Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceEd Journal): |e-ISSN: 2723-2913, p-ISSN: 2723-2905| diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun (Peride Juni dan Desember) dan dimulai pada bulan Juni 2020 oleh Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram. Artikel dapat diterima ...