Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal)
Vol. 6 No. 2 (2025): May

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Geogebra Pada Siswa Kelas IX SMPN 2 Mataram

Laily Wulandari (Unknown)
Amrullah (Unknown)
Maksud (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi bangun ruang sisi lengkung melalui penerapan model PBL berbantuan media Geogebra  pada siswa kelas IX SMPN 2 Mataram. Penelitian ini merupakan jenis penelian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing terdiri dari tiga  pertemuan. Subyek dalam penelitian ini berjumlah 38 orang siswa. Data hasil belajar  dikumpulkan  dengan  menggunakan  tes objektif. Data dalam penelitian ini dianalisis  dengan analisis deskriptif kuantitatif yaitu; mencari rata-rata skor, median, varians,   standar deviasi, dan ketuntasan belajar siswa. Dengan penggunaan model PBL berbantuan media Geogebra, hasil belajar dari siswa tersebut  menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar secara klasikal pada siklus I dan Siklus II masing masing sebesar 52,63% dan 73,68%. Selain itu, nilai siswa setiap siklus juga mengalami peningkatan siklus 1 sebesar 74.63 dan siklus II sebesar 80.18. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model problem based learning dengan bantuan geogebra dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas IX SMPN 2 Mataram.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

GeoScienceEdu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Chemistry Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceEd Journal): |e-ISSN: 2723-2913, p-ISSN: 2723-2905| diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun (Peride Juni dan Desember) dan dimulai pada bulan Juni 2020 oleh Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram. Artikel dapat diterima ...