Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 45 Mataram pada materi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari melalui penerapan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT). Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis & McTaggart yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 29 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan CRT dapat meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa. Rata-rata nilai siswa meningkat dari 86,7 pada siklus I menjadi 93,1 pada siklus II. Peningkatan ini didukung oleh pembelajaran yang lebih kontekstual, pemanfaatan media berbasis budaya lokal, serta strategi interaktif seperti diskusi dan permainan peran. Dengan demikian, pendekatan CRT efektif diterapkan dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila, khususnya dalam membangun pemahaman nilai dan karakter siswa di sekolah dasar.
Copyrights © 2025