Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal)
Vol. 6 No. 3 (2025): Agustus

Implementasi Pendekatan Culturally Responsive Teaching pada Materi Nilai-Nilai Pancasila untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V SDN 45 Mataram

Wahyuni, Sri (Unknown)
Amrullah, Amrullah (Unknown)
Maskur, Maskur (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 45 Mataram pada materi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari melalui penerapan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT). Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis & McTaggart yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 29 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan CRT dapat meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa. Rata-rata nilai siswa meningkat dari 86,7 pada siklus I menjadi 93,1 pada siklus II. Peningkatan ini didukung oleh pembelajaran yang lebih kontekstual, pemanfaatan media berbasis budaya lokal, serta strategi interaktif seperti diskusi dan permainan peran. Dengan demikian, pendekatan CRT efektif diterapkan dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila, khususnya dalam membangun pemahaman nilai dan karakter siswa di sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

GeoScienceEdu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Chemistry Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceEd Journal): |e-ISSN: 2723-2913, p-ISSN: 2723-2905| diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun (Peride Juni dan Desember) dan dimulai pada bulan Juni 2020 oleh Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram. Artikel dapat diterima ...