Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal)
Vol. 6 No. 3 (2025): Agustus

Penerapan Model Problem Based Learning dengan Berbantuan Media Kantong Perkalian Siswa untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas 4 SDN 26 Ampenan

Maulinaa, Dita (Unknown)
Makki, Muhammad (Unknown)
Habibi, Habibi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas 4 SDN 26 Ampenan melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan bantuan media kantong perkalian. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 16 peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan penilaian produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL dengan media kantong perkalian dapat meningkatkan karakter tanggung jawab dan hasil belajar peserta didik. Rata-rata nilai produk peserta didik meningkat dari 72 pada siklus I menjadi 84,25 pada siklus II. Selain itu, karakter tanggung jawab peserta didik meningkat dari 72,5% pada siklus I menjadi 82,8% pada siklus II. Dengan demikian, penerapan model PBL berbantuan media kontekstual terbukti efektif dalam pembelajaran matematika untuk materi keliling dan luas bangun datar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

GeoScienceEdu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Chemistry Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceEd Journal): |e-ISSN: 2723-2913, p-ISSN: 2723-2905| diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun (Peride Juni dan Desember) dan dimulai pada bulan Juni 2020 oleh Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram. Artikel dapat diterima ...