Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas 4 SDN 26 Ampenan melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan bantuan media kantong perkalian. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 16 peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan penilaian produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL dengan media kantong perkalian dapat meningkatkan karakter tanggung jawab dan hasil belajar peserta didik. Rata-rata nilai produk peserta didik meningkat dari 72 pada siklus I menjadi 84,25 pada siklus II. Selain itu, karakter tanggung jawab peserta didik meningkat dari 72,5% pada siklus I menjadi 82,8% pada siklus II. Dengan demikian, penerapan model PBL berbantuan media kontekstual terbukti efektif dalam pembelajaran matematika untuk materi keliling dan luas bangun datar.
Copyrights © 2025