Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal)
Vol. 6 No. 3 (2025): Agustus

Upaya Meningkatkan Kemampuan Menghitung Melalui Media Konkret Papan Penjumlahan dan Pengurangan (Panjurang)

Rahmawati, Rahmawati (Unknown)
Tahir, Muhammad (Unknown)
Khaerudin, Khaerudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menghitung siswa kelas 1 SDN 23 Mataram melalui penggunaan media konkret Papan Penjumlahan dan Pengurangan (Panjurang). Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari pra-siklus dan dua siklus. Subjek penelitian berjumlah 14 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes hasil belajar. Hasil pra-siklus menunjukkan bahwa sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam menghitung, dengan 28,57% siswa berada dalam kategori "belum bisa." Pada siklus I, setelah penggunaan media Panjurang, terjadi peningkatan, di mana siswa yang mencapai kategori "sudah bisa" dan "bisa sekali" bertambah menjadi 50%. Pada siklus II, semua siswa telah mencapai kategori "bisa" atau lebih tinggi, dengan 35,71% siswa berada pada kategori "bisa sekali." Penelitian ini membuktikan bahwa media Panjurang efektif dalam meningkatkan kemampuan menghitung siswa. Media ini membantu siswa memahami konsep operasi hitung secara lebih konkret dan interaktif. Dengan demikian, media Panjurang dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran matematika bagi siswa sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

GeoScienceEdu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Chemistry Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceEd Journal): |e-ISSN: 2723-2913, p-ISSN: 2723-2905| diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun (Peride Juni dan Desember) dan dimulai pada bulan Juni 2020 oleh Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram. Artikel dapat diterima ...