Perkembangan Generasi Z dalam dunia pendidikan menuntut pendekatan manajemen yang sesuai, khususnya dalam meningkatkan kinerja guru muda. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan transformasional, motivasi, dan inovasi terhadap kinerja guru Generasi Z di SMA Jakarta Timur. Metode kuantitatif digunakan dengan kuesioner terhadap 158 responden, dianalisis menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga variabel berpengaruh signifikan secara parsial dan simultan terhadap kinerja guru. Inovasi menjadi faktor paling dominan (β=0,545), diikuti oleh gaya kepemimpinan transformasional (β=0,241) dan motivasi (β=0,162). Secara bersama-sama, ketiganya menjelaskan 82% variasi kinerja guru (R²=0,820). Simpulan penelitian ini menegaskan bahwa lingkungan kerja yang mendukung inovasi, dipimpin secara transformasional, dan memotivasi secara intrinsik, sangat penting untuk mengoptimalkan kinerja guru Generasi Z. Temuan ini merekomendasikan pendekatan manajemen sekolah yang holistik dan adaptif terhadap karakteristik generasi digital.
Copyrights © 2025