SEIKO : Journal of Management & Business
Vol 8, No 2 (2025): July - December

Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional, Motivasi dan Inovasi Terhadap Kinerja Guru Generasi Z di Jenjang SMA Kota Jakarta Timur

Fadhiil, Rahmat (Unknown)
Prayogi, Ratnawati (Unknown)
Pakpahan, Marisi (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Sep 2025

Abstract

Perkembangan Generasi Z dalam dunia pendidikan menuntut pendekatan manajemen yang sesuai, khususnya dalam meningkatkan kinerja guru muda. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan transformasional, motivasi, dan inovasi terhadap kinerja guru Generasi Z di SMA Jakarta Timur. Metode kuantitatif digunakan dengan kuesioner terhadap 158 responden, dianalisis menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga variabel berpengaruh signifikan secara parsial dan simultan terhadap kinerja guru. Inovasi menjadi faktor paling dominan (β=0,545), diikuti oleh gaya kepemimpinan transformasional (β=0,241) dan motivasi (β=0,162). Secara bersama-sama, ketiganya menjelaskan 82% variasi kinerja guru (R²=0,820). Simpulan penelitian ini menegaskan bahwa lingkungan kerja yang mendukung inovasi, dipimpin secara transformasional, dan memotivasi secara intrinsik, sangat penting untuk mengoptimalkan kinerja guru Generasi Z. Temuan ini merekomendasikan pendekatan manajemen sekolah yang holistik dan adaptif terhadap karakteristik generasi digital.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

seiko

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

The Journal Management & Business (SEJaman) provides a forum for academics and professionals to share the latest developments and advances in knowledge and practice of management business both theory and practices. It aims to foster the exchange of ideas on a range of important management subjects ...