Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal)
Vol. 6 No. 2 (2025): May

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Poster Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SDN Reban Burung

Fad'ilul Hariri (Unknown)
Muhammad Tahir (Unknown)
Muhammad Erfan (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan yaitu mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media poster terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Reban Burung. Penelitian mengunakan metode Pre-Exsperimental dengan menggunakan bentuk One Group Preteest-Posttest Design. Subjek pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SDN Reban Burung yang berjumlah 18 siswa, dimana 1 kelas tersebut sebagai kelas eksperimen dan kelas control. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Tes dan Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar soal tes pilihan ganda (Pre-test dan Post-test). Teknik Analisis data dilakukan dengan uji prasayarat yaitu uji normalitas dengan uji kolmogrov smirnov dengan taraf signifikansi 5% (0,05). Selanjtnya yaitu uji hipotesis dengan menggunakn uji independent sample t test. Berdasarkan perhitungan pengujian hipotesis pada taraf signifikansi 5% diperoleh t-hitung = 9,4504   sedangkan t tabel = Sehingga t hitung ≥ t tabel dan diperoleh nilai sig 2 tailed 0,035 < 0,05 maka hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak. Artinya ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbanuan media poster terhadap hasil belajar IPA kelas V SDN Reban Burung.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

GeoScienceEdu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Chemistry Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceEd Journal): |e-ISSN: 2723-2913, p-ISSN: 2723-2905| diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun (Peride Juni dan Desember) dan dimulai pada bulan Juni 2020 oleh Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram. Artikel dapat diterima ...