Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal)
Vol. 6 No. 3 (2025): Agustus

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Program Linear

Dwi Laksari, Zarina Oktavia (Unknown)
Amrullah, Amrullah (Unknown)
Aiyubi, Darma (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Aug 2025

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas Kolaborasi (PTKK) ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Program Linear melalui model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams, Games, and Tournament) di kelas XI SMA N 8 Mataram. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus berdasarkan model Kemmis dan Taggart, yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 32 siswa kelas XI SMA N 8 Mataram. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes, yang dianalisis secara deskriptif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar, dengan nilai rata-rata siswa Pada siklus I, nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 80,3, dengan 71,88% (23 siswa) telah mencapai nilai di atas KKM (75). Sementara itu, pada siklus II, nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan lebih lanjut menjadi 81,4, dengan persentase ketuntasan meningkat menjadi 81,25% (26 siswa). Dengan demikian, penerapan model pembelajaran TGT terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Program Linear, serta dapat dijadikan alternatif strategi pembelajaran yang interaktif dan menarik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

GeoScienceEdu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Chemistry Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceEd Journal): |e-ISSN: 2723-2913, p-ISSN: 2723-2905| diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun (Peride Juni dan Desember) dan dimulai pada bulan Juni 2020 oleh Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram. Artikel dapat diterima ...