Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal)
Vol. 6 No. 2 (2025): May

Analisis Kebijakan Manajemen Anggaran Pendidikan Islam di Indonesia

Bahri, Muhammad Shaiful (Unknown)
Zulva, Baiq Nadia (Unknown)
Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebijakan manajemen anggaran pendidikan Islam di Indonesia dengan fokus pada efektivitas alokasi dana, distribusi anggaran, serta tantangan dan peluang yang ada. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif terhadap kebijakan anggaran yang berlaku di Kementerian Agama dan instansi terkait. Hasil analisis menunjukkan bahwa meskipun ada peningkatan anggaran untuk pendidikan Islam dalam beberapa tahun terakhir, masih terdapat ketidakseimbangan dalam distribusi anggaran antar lembaga pendidikan Islam dan keterbatasan pengelolaan dana. Salah satu tantangan utama adalah minimnya transparansi dan akuntabilitas dalam penggunaan anggaran, yang sering kali berdampak pada rendahnya efektivitas penggunaan dana. Di sisi lain, peluang untuk perbaikan dapat ditemukan melalui peningkatan koordinasi antara pemerintah pusat dan daerah, serta peran serta masyarakat dalam mengawasi penggunaan anggaran pendidikan Islam. Penelitian ini menyarankan perlunya kebijakan yang lebih terintegrasi dan berbasis pada prinsip-prinsip transparansi dan akuntabilitas guna meningkatkan kualitas pendidikan Islam di Indonesia.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

GeoScienceEdu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Chemistry Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceEd Journal): |e-ISSN: 2723-2913, p-ISSN: 2723-2905| diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun (Peride Juni dan Desember) dan dimulai pada bulan Juni 2020 oleh Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram. Artikel dapat diterima ...