Kajian dalam penelitian ini bertujuan untuk menganalisa berbagai kebijakan pemerintah selama pelaksanaan pendidikan jarak jauh. Pendidikan jarak jauh (PJJ) di Indonesia telah menjadi salah satu alternatif penting dalam menghadapi tantangan pendidikan di tengah keterbatasan akses fisik, terutama di daerah terpencil dan selama pandemi COVID-19. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis kebijakan manajemen yang diterapkan dalam pelaksanaan PJJ di Indonesia. Melalui pendekatan analisis kebijakan, penelitian ini mengkaji berbagai regulasi yang mendasari pelaksanaan PJJ, termasuk kebijakan yang terkait dengan infrastruktur teknologi, penyediaan materi ajar, pelatihan guru, dan evaluasi hasil belajar. Analisis ini juga mencakup tantangan yang dihadapi oleh pemerintah, lembaga pendidikan, dan peserta didik dalam menjalankan PJJ, serta langkah-langkah perbaikan yang diperlukan untuk meningkatkan efektivitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun telah ada upaya yang signifikan dalam mengembangkan kebijakan untuk mendukung PJJ, masih terdapat kendala besar dalam hal aksesibilitas teknologi, kualitas pembelajaran, dan kesenjangan antara daerah urban dan rural. Oleh karena itu, perlu adanya penguatan kebijakan yang lebih inklusif dan berkelanjutan untuk memastikan keberhasilan PJJ di Indonesia, dengan memperhatikan kebutuhan lokal dan ketersediaan sumber daya.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025