Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kevalidan dan tingkat kepraktisan media buku komik sebagai upaya meningkatkan kemampuan membaca peserta didik kelas II. Media pembelajaran konvensional yang selama ini dimanfaatkan di SDN 12 Cakranegara kurang melatih kemampuan membaca peserta didik, ini berdampak pada rendahnya kemampuan tersebut. Berdasarkan permasalahan tersebut diputuskan dengan mengembangkan media pembelajaran yang menarik dan bervariatif yaitu buku komik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Penelitian ini dilakukan di SDN 12 Cakranegara dengan 34 orang peserta didik kelas II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media buku komik sebagai upaya meningkatkan kemampuan membaca mendapatkan 93.73% dari ahli materi dan 92.42% dari ahli media dengan kriteria sangat valid berdasarkan uji kevalidan produk, 87.99% dari respon kelompok kecil dan 87.43% dari respon kelompok besar dengan kategori praktis serta 98.82% dengan kategori sangat praktis dari respon guru berdasarkan uji kepraktisan produk. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa buku komik yang dikembangkan valid dan praktis digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan membaca peserta didik.
Copyrights © 2025