Perkembangan bahasa pada anak usia prasekolah merupakan aspek penting dalam masa keemasan (golden age), di mana stimulasi lingkungan, khususnya pola komunikasi orang tua, sangat memengaruhi capaian perkembangan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola komunikasi orang tua dengan perkembangan bahasa anak prasekolah di Pos PAUD Bunga Pelangi, Kelurahan Polehan, Kota Malang. Desain penelitian menggunakan analitik korelasional dengan pendekatan cross sectional. Sampel berjumlah 39 anak usia 3–5 tahun dengan teknik total sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner pola komunikasi orang tua dan tes SDIDTK Denver untuk menilai perkembangan bahasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 95,2% anak dengan pola komunikasi orang tua positif memiliki perkembangan bahasa normal, sedangkan 61,1% anak dengan pola komunikasi negatif mengalami perkembangan bahasa suspect. Analisis menunjukkan adanya hubungan antara pola komunikasi orang tua dengan perkembangan bahasa anak prasekolah. Kesimpulannya, komunikasi positif orang tua berperan penting dalam mendukung perkembangan bahasa, emosi, sosial, dan karakter anak, sedangkan komunikasi negatif meningkatkan risiko keterlambatan bahasa. Oleh karena itu, optimalisasi pola komunikasi yang baik antara orang tua dan anak sangat diperlukan untuk mendukung tumbuh kembang anak secara optimal.
Copyrights © 2025