MULTIPLE: Journal of Global and Multidisciplinary


Optimalisasi Edukasi Pasien untuk Mencegah Komplikasi Diabetes Mellitus di Ruang Rawat Inap

Dewi Kania Purnamaalam (Unknown)
Dewi, Siti Utami (Unknown)
Hanifa Fitriyani Haneif (Unknown)
Amelia Oktavia (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2025

Abstract

Diabetes melitus merupakan penyakit metabolik kronis yang dapat menyebabkan komplikasi serius apabila tidak ditangani secara optimal. Kurangnya pengetahuan mengenai pencegahan komplikasi menjadi salah satu faktor utama meningkatnya risiko terjadi komplikasi. Studi kasus ini bertujuan untuk menggambarkan pelaksanaan pendidikan kesehatan terhadap peningkatan pengetahuan pasien diabetes melitus. Metode yang digunakan adalah studi kasus deskriptif dengan pendekatan proses asuhan keperawatan pada kedua subjek yang meliputi pengkajian, diagnosis, intervensi, implementasi dan evaluasi keperawatan. Intervensi pendidikan kesehatan tentang pencegahan komplikasi meliputi lima pilar penatalaksanaan diabetes dan perawatan kaki. Pengukuran dilakukan menggunakan kuesioner DKQ-24 sebelum dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan. Hasil menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan subjek I memperoleh skor pre-test 12 (sedang) dan skor post-test 20 (tinggi), sementara subjek II skor pre-test 10 (sedang) dan skor post-test 17 (tinggi). Hasil ini menunjukkan bahwa intervensi pendidikan kesehatan efektif dalam meningkatkan pengetahuan pasien mengenai pencegahan komplikasi. Kesimpulan dari studi kasus ini adalah pelaksanaan pendidikan kesehatan secara sistematis dan berkelanjutan berperan penting dalam peningkatan pengetahuan pasien mengenai pencegahan komplikasi. Pendidikan kesehatan diharapkan dapat tetap dilakukan sebagai upaya promotif dan preventif sehingga mendorong perubahan perilaku yang lebih sehat serta dapat mencegah terjadinya komplikasi

Copyrights © 0000






Journal Info

Abbrev

multiple

Publisher

Subject

Religion Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

MULTIPLE: Journal of Global and Multidisciplinary is a peer-reviewed journal that aims to provide a platform for scholars, researchers, academics, and practitioners from diverse fields of study to contribute and exchange their knowledge, insights, and research findings. MULTIPLE: Journal of Global ...