TheJournalish: Social and Government
Vol. 6 No. 4 (2025): Social and Government

STUDI TENTANG FAKTOR DETERMINAN KINERJA PEGAWAI PADA BADAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH KABUPATEN KOLAKA UTARA

Aminuddin (Unknown)
Congge, Umar (Unknown)
Congge, Hermansyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor determinan kinerja pegawai pada Badan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Kolaka Utara. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian kualitatif dengan jumlah informan sebanyak 5 orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara kemudian dianalisis menggunakan tipologi kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja pegawai di Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kabupaten Kolaka Utara ditentukan oleh berbagai faktor yang saling berinteraksi, baik yang berasal dari dalam organisasi maupun faktor eksternal. Kompetensi pegawai dan pemahaman yang baik terhadap tugas pokok menjadi dasar penting dalam kinerja individu. Sementara itu, kepemimpinan yang efektif memberikan arahan yang jelas dan motivasi yang diperlukan untuk meningkatkan semangat kerja pegawai. Kerja tim yang solid memungkinkan pegawai untuk saling mendukung, berbagi pengetahuan, dan mengatasi tantangan bersama. Selain itu, sistem yang baik dan kedisiplinan pegawai menciptakan lingkungan kerja yang terorganisir dan efisien. Faktor situasional yang mendukung juga berperan dalam menciptakan atmosfer kerja yang positif, yang mendorong pegawai untuk bekerja lebih produktif dan efektif, sehingga berkontribusi pada peningkatan kinerja secara keseluruhan. Namun, faktor penghambat utama kinerja pegawai di Badan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Kolaka Utara adalah tingkat kedisiplinan pegawai. Di sisi lain, faktor pendukung kinerja pegawai meliputi: adanya aturan yang jelas, peran sentral pemimpin dalam menciptakan lingkungan kerja yang kondusif, serta sarana yang memadai seperti ruang kerja yang nyaman, fasilitas komputer dan jaringan internet, ruang ibadah, kamar mandi/wc, dan peralatan lainnya yang cukup. Semua ini mempermudah pegawai dalam menyelesaikan tugas administratif dan operasional mereka dengan lebih cepat dan akurat. Selain itu, kerja tim yang baik menciptakan sinergi antar pegawai, mempercepat pencapaian tujuan organisasi, dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Kolaborasi yang efektif antar anggota tim juga berkontribusi dalam menyelesaikan masalah dan meningkatkan efisiensi kerja secara keseluruhan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

thejournalish

Publisher

Subject

Humanities Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Thejournalish: Social and Government bertujuan untuk menyebarluaskan pemikiran atau ide konseptual, tinjauan literatur dan hasil penelitian yang telah dicapai di bidang Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan. Ketentuan penerbitan manuskrip tidak pernah dipublikasikan atau tidak diajukan di jurnal lain, ...