Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penyelenggaraan event terhadap kunjungan wisatawan di Solo Paragon Lifestyle Mal sebagai bagian dari daya tarik wisata perkotaan. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif studi kasus dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi lapangan, dan studi dokumentasi. Penelitian ini mengkaji pengaruh event terhadap tiga aspek utama kunjungan wisatawan, yaitu jumlah kunjungan, durasi kunjungan, dan kunjungan ulang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa event memiliki pengaruh positif terhadap peningkatan kunjungan wisatawan. Event dengan kategori festival, art and entertainment, dan sport event dinilai lebih efektif menarik perhatian wisatawan dibandingkan event educational dan business event. Pengemasan event yang kreatif, visual yang menarik, segmentasi pasar yang tepat, serta strategi promosi yang optimal menjadi faktor kunci keberhasilan dalam menarik pengunjung. Penelitian ini juga menyoroti kasus event Festival Kuliner Cap Go Meh 2025 yang sempat menuai kontroversi, namun tetap ramai dikunjungi. Faktor rasa penasaran masyarakat, keberagaman kuliner, serta promosi yang gencar menjadikan event tersebut tetap diminati. Meskipun sempat terdapat penolakan, wisatawan tetap merasa nyaman karena adanya jaminan keamanan dari penyelenggara dan aparat kepolisian. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi rekomendasi bagi manajemen mal dalam menyusun konsep event yang menarik, optimal untuk menarik wisatawan dan dipersiapkan secara matang agar membuat pengunjung aman dan nyaman.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025