KARST : Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya
Vol 2 No 2 (2019): Karst : Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya

PENINGKATAN HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PENGALAMAN PADA SISWA KELAS VII DI MTS DDI KALUPPANG

Arief, Farida (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2019

Abstract

Abstrak : Peningkatan Hasil Belajar Fisika melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Pengalaman pada Siswa Kelas VII di MTs DDI Kaluppang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa hasil belajar fisika dapat ditingkatkan melalui strategi pembelajaran berbasis pengalaman pada siswa VII di MTs DDI Kaluppang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VII.B di MTs DDI Kaluppang semester genap tahun ajaran 2018/2019 sebanyak 18 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan selama dua siklus, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar fisika siswa mengalami peningkatan dari siklus I dan siklus II setelah diterapkan model pembelajaran berbasis pengalaman. Hal ini ditandai dengan meningkatnya: (1) Skor rata-rata tes hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 46,94 dengan kategori sangat rendah meningkat menjadi 73,61 dengan kategori sedang pada siklus II. (2) rata-rata persentase aktivitas siswa dari siklus I 54,79% dengan kategori cukup meningkat menjadi 80,3% dengan kategori sangat baik pada siklus II. (3) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran sebesar 4,17 dengan kategori cukup pada siklus I menjadi 4,7 dengan kategori sangat baik pada siklus II.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

karts

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Materials Science & Nanotechnology Physics Other

Description

Jurnal Karst merupakan media komunikasi bagi para Peneliti, Dosen, Guru, Praktisi dan Mahasiswa untuk menyampaikan hasil kajian dan diutamakan hasil penelitian pada bidang Pendidikan Fisika, Ilmu Fisika dan Fisika Terapan. Jurnal Karst diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Fisika FKIP ...