Penelitian ini menganalisis hubungan antara kualitas pelayanan medis terhadap niat kunjungan ulang pasien di unit pelayanan rawat jalan dengan dimediasi oleh kepuasan dan kepercayaan pasien. Penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit DKH Kedungwarining Bekasi menggunakan aplikasi google form yang melibatkan 175 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner berisi 30 pertanyaan dengan Skala Likert 1 – 5. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Data dianalisis dengan metode Structure Equation Modeling (SEM) berbasiskan Partial Least Square (PLS). Hasil R2 menunjukan pengaruh positif dan signifikan untuk kualitas pelayanan medis terhadap kepuasan pasien, kualitas pelayanan medis terhadap kepercayaan pasien, kepuasan pasien terhadap niat kunjungan ulang, kepercayaan pasien terhadap niat kunjungan ulang, kualitas pelayanan medis terhadap niat kunjungan ulang pasien dengan dimediasi oleh kepuasan pasien, dan kualitas pelayanan medis terhadap niat kunjungan ulang pasien dengan dimediasi oleh kepercayaan medis semuanya memiliki p value < 0,05. Hasil uji hipotesa menunjukan semua hasil menunjukan hubungan positif dan signfikan, menandakan semua hipotesis didukung. Sebagai kesimpulan, kualitas pelayanan medis yang baik merupakan faktor penting untuk kepuasan dan kepercayaan pasien, yang juga berdampak positif terhadap niat kunjungan ulang pasien.
Copyrights © 2025