Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan antara kesiapan belajar dan kemandirian belajar siswa kelas 1 SD dari alumni TK program Full-Daydengan half-day di Kecamatan Jebres Surakarta. Jenis penelitian ini adalah studi komparasi. Populasi dari penelitian ini adalah 10.435 siswa kelas I sekolah dasar (SD) di Kecamatan Jebres dengan sample penelitian adalah 385 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket observasi dan wawancara. Data yang diperoleh adalah hasil dari lembar angket observasi kemandirian, kesiapan belajar dan juga wawancara sebagai data pendukung. Teknik analisis data untuk lembar observasi adalah statistik inferensial non-parametrik dengan model uji maan whitney. sedangkan data wawancara menggunakan teknik analisis data Bogdan & Biklen. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara kesiapan belajar dan kemandirian belajar siswa kelas 1 SD dari alumni TK program full day dengan half day di Kecamatan Jebres, Surakarta.
Copyrights © 2025