eProceedings of Art & Design
Vol. 12 No. 4 (2025): Agustus 2025

PERANCANGAN BOARD GAME SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TATA KRAMA UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Ardwiyanto, Ryan (Unknown)
Nurhidayat, Martiyadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Sep 2025

Abstract

Perkembangan media sosial yang pesat menyebabkan menurunnya moral dan etikapada generasi muda. Kemudahan dalam berkomunikasi melalui media digital berdampakpada berkurangnya kesadaran akan pentingnya sopan santun dalam kehidupanbermasyarakat. Namun, metode pembelajaran yang konvensional dan membosankanmembuat remaja kurang tertarik mempelajari materi non-akademis, termasuk tata krama.Padahal, keterampilan sosial seperti etika, sopan santun, dan kemampuan berinteraksisangat penting sebagai bekal menghadapi dunia kerja dan kehidupan sosial. Penelitian inibertujuan untuk merancang sebuah board game sebagai media pembelajaran alternatif yangefektif dan menyenangkan untuk meningkatkan pemahaman tentang tata krama pada siswaSekolah Menengah Pertama (SMP). Metode perancangan yang digunakan adalah DesignThinking, yang mencakup tahapan empati, define, ideate, prototipe, dan uji coba. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa board game yang dirancang mampu meningkatkanketerlibatan siswa, serta menumbuhkan kemampuan komunikasi, kerja sama, dan empatidalam konteks pembelajaran yang lebih kontekstual dan interaktif. Board game ini jugamendapat respons positif dari siswa karena mampu menyampaikan materi dengan cara yangmenarik dan tidak membosankan.Kata kunci: Board Game, Tata Krama, Sekolah Menengah Pertama, Keterampilan Sosial,Media Pembelajaran, Permainan Edukatif

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

artdesign

Publisher

Subject

Arts Humanities

Description

Merupakan media publikasi karya ilmiah lulusan Universitas Telkom yang berisi tentang kajian Art & Design. Karya Tulis ilmiah yang diunggah akan melalui prosedur pemeriksaan (reviewer) dan approval pembimbing ...