eProceedings of Art & Design
Vol. 12 No. 4 (2025): Agustus 2025

PERANCANGAN KOLEKSI KEBAYA MODIFIKASI PADA BRAND JALEELA ASAL LOMBOK

Fatimah, Ghefira Nur (Unknown)
Yuningsih, Sari (Unknown)
Febriani, Rima (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Sep 2025

Abstract

Media sosial berperan besar dalam mendorong kemunculan tren baru, termasuktren berkain yang kini digemari oleh generasi Z. Generasi Z dikenal sebagai generasi yangtumbuh dalam budaya instan dan memiliki karakter yang menggemari teknologi, fleksibel,lebih cerdas, dan toleran terhadap perbedaan budaya. Tren berkain yang memadukanunsur tradisional dan modern menjadi bukti bahwa generasi muda tidak sepenuhnyameninggalkan warisan budaya. Salah satu busana tradisional yang sering dipadukanadalah kebaya. Brand Jaleela asal Lombok hadir sebagai pelopor kebaya modifikasi yangrelevan dengan selera pasar saat ini. Dalam rangkaian program project design bersamaJaleela, penulis berperan sebagai fesyen desainer yang terlibat langsung dalam prosesperancangan, mulai dari riset tren, pemilihan bahan, hingga pengembangan prototipe.Kegiatan ini diharapkan dapat memperkaya koleksi Jaleela sekaligus berkontribusi dalampelestarian kebaya dan membuka peluang untuk menjangkau pasar internasional.Kata kunci: Generasi Z, Kebaya, Tren Berkain

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

artdesign

Publisher

Subject

Arts Humanities

Description

Merupakan media publikasi karya ilmiah lulusan Universitas Telkom yang berisi tentang kajian Art & Design. Karya Tulis ilmiah yang diunggah akan melalui prosedur pemeriksaan (reviewer) dan approval pembimbing ...