eProceedings of Art & Design
Vol. 12 No. 4 (2025): Agustus 2025

PERANCANGAN PRODUK MERCHANDISE UNTUK HAMPERS RAYA SERIES DI UMKM MERAJUT ASA

Kinanti, Elisabeth Sekar (Unknown)
Puspitasari, Citra (Unknown)
Febriani, Rima (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Sep 2025

Abstract

Tradisi mempersiapkan hampers untuk Hari Raya Idul Fitri menjadi polabelanja yang khas pada masyarakat Indonesia di masa lebaran. UMKM Merajut AsaKita sebagai sentra rajut serta desa wisata belum memiliki merchandise yang mampumenonjolkan ciri khas Binong Jati karena tidak adanya divisi Research andDevelopment yang berfokus mengelola produk tersebut. Berdasarkan fenomena dankebutuhan yang ada, maka penelitian dilakukan untuk merancang merchandiseberbahan rajut dengan kebaruan motif dan jenis produk. Metode yang digunakandalam perancangan berupa metode kualitatif dengan studi kasus yang ditemukan dilapangan. Pengumpulan data untuk mendukung penelitian ini meliputi studiliteratur, wawancara, observasi, eksplorasi, serta kuesioner. Penelitian inimenghasilkan prototype berupa produk merchandise dengan menerapkan motifBinong Jati dan ornamen Arabesque menggunakan teknik rajut komputer danaplikasi teknik rajut bundar yang mampu menjadi hampers Raya Series di UMKMMerajut Asa Kita.Kata kunci: Merchandise, Motif Arabesque, Motif Binong Jati, Rajut Komputer

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

artdesign

Publisher

Subject

Arts Humanities

Description

Merupakan media publikasi karya ilmiah lulusan Universitas Telkom yang berisi tentang kajian Art & Design. Karya Tulis ilmiah yang diunggah akan melalui prosedur pemeriksaan (reviewer) dan approval pembimbing ...