Tradisi mempersiapkan hampers untuk Hari Raya Idul Fitri menjadi polabelanja yang khas pada masyarakat Indonesia di masa lebaran. UMKM Merajut AsaKita sebagai sentra rajut serta desa wisata belum memiliki merchandise yang mampumenonjolkan ciri khas Binong Jati karena tidak adanya divisi Research andDevelopment yang berfokus mengelola produk tersebut. Berdasarkan fenomena dankebutuhan yang ada, maka penelitian dilakukan untuk merancang merchandiseberbahan rajut dengan kebaruan motif dan jenis produk. Metode yang digunakandalam perancangan berupa metode kualitatif dengan studi kasus yang ditemukan dilapangan. Pengumpulan data untuk mendukung penelitian ini meliputi studiliteratur, wawancara, observasi, eksplorasi, serta kuesioner. Penelitian inimenghasilkan prototype berupa produk merchandise dengan menerapkan motifBinong Jati dan ornamen Arabesque menggunakan teknik rajut komputer danaplikasi teknik rajut bundar yang mampu menjadi hampers Raya Series di UMKMMerajut Asa Kita.Kata kunci: Merchandise, Motif Arabesque, Motif Binong Jati, Rajut Komputer
Copyrights © 2025