Al-Qur’an merupakan pedoman hidup bagi setiap muslim yang tidak hanya dibaca, tetapi juga harus dipahami dan diamalkan. Membaca Al-Qur’an dengan tartil dan seni tilawah yang benar memiliki peran penting dalam membentuk karakter spiritual peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi guru dalam mengembangkan keterampilan seni baca Al-Qur’an pada peserta didik di Madrasah Diniyah Nurrudien Sungai Kepayang. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru mencakup perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi pembelajaran, dengan dukungan faktor internal seperti minat siswa dan dukungan orang tua, serta faktor eksternal berupa sarana, kualitas pendidik, dan lingkungan sosial. Implikasi penelitian ini menegaskan pentingnya inovasi strategi pembelajaran Al-Qur’an untuk meningkatkan motivasi dan keterampilan siswa, serta memperkuat peran madrasah sebagai pusat pendidikan Islam di masyarakat.
Copyrights © 2025