QOUBA : Jurnal Pendidikan
Vol 2 No 1 (2025): 2025

Analisis Strategi Guru Seni Baca Al’quran dalam Mengembangkan Keterampilan Seni Baca Al qur’an pada Peserta Didik di Madrasah Diniyah Nurrudien Sungai Kepayang Kecamatan Senyerang Tanjung Jabung Barat

Khairul Umam (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2025

Abstract

Al-Qur’an merupakan pedoman hidup bagi setiap muslim yang tidak hanya dibaca, tetapi juga harus dipahami dan diamalkan. Membaca Al-Qur’an dengan tartil dan seni tilawah yang benar memiliki peran penting dalam membentuk karakter spiritual peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi guru dalam mengembangkan keterampilan seni baca Al-Qur’an pada peserta didik di Madrasah Diniyah Nurrudien Sungai Kepayang. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru mencakup perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi pembelajaran, dengan dukungan faktor internal seperti minat siswa dan dukungan orang tua, serta faktor eksternal berupa sarana, kualitas pendidik, dan lingkungan sosial. Implikasi penelitian ini menegaskan pentingnya inovasi strategi pembelajaran Al-Qur’an untuk meningkatkan motivasi dan keterampilan siswa, serta memperkuat peran madrasah sebagai pusat pendidikan Islam di masyarakat.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

quoba

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

QOUBA: Jurnal Pendidikan with e-ISSN 3089-2430 p-ISSN 3089-2449. is a peer-reviewed open access journal and follows a single-blind review policy. Scientific articles in QOUBA: Education Journal are the results of original research, conceptual ideas, and current studies within the scope of Education, ...