Minimnya strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu peserta didik masih menjadi persoalan mendasar yang berdampak pada rendahnya kualitas pembelajaran, khususnya di sekolah negeri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu peserta didik di SD Negeri 103 Kecamatan Dendang Kabupaten Tanjung Jabung Timur Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi kepala sekolah dilakukan melalui perencanaan program, evaluasi kinerja guru, pembinaan karakter siswa, serta optimalisasi sarana dan prasarana. Temuan ini menegaskan bahwa kepemimpinan kepala sekolah yang adaptif berkontribusi signifikan dalam membangun budaya sekolah yang kompetitif dan meningkatkan kepercayaan masyarakat. Implikasi penelitian ini menunjukkan bahwa strategi kepemimpinan yang efektif dapat dijadikan model bagi sekolah lain dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan secara berkelanjutan
Copyrights © 2025