Penelitian ini bertujuan untuk menelaah bentuk strategi Klinik Belajar dalam meningkatkan profesionalisme guru ilmu sosial di SMAS Hang Tuah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Ada 7 orang informan yang dipilih melalui Teknik purpose sampling dengan kriteria informan yaitu anggota Klinik Belajar, Guru yang telah mengajar 2 tahun terakhir atau memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Pengurus Klinik Belajar. Serta menggunakan teknik keabsahan data triangulasi sumber dan triangulasi waktu. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, da kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk strategi Klinik Belajar dalam meningkatkan profesionalisme guru ilmu sosial di SMAS Hang Tuah yaitu dengan Pengembangan profesionalisme guru yang holistik dan berkelanjutan berfokus pada pengoptimalkan pelatihan, memperluas akses ke sumber daya, serta membangun kolaborasi yang efektif, melibatkan evaluasi dan refleksi.
Copyrights © 2025