Hasil belajar Matematika siswa masih tergolong rendah. Faktor penyebabnya adalah motivasi belajar Matematika yang rendah dan ketidaktepatan model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap hasil belajar dan motivasi belajar Matematika siswa dan untuk mengetahui korelasi antara motivasi belajar dengan hasil belajar Matematika. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen tipe pretest-posttest control group design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Sampel yang terpilih yaitu 82 orang siswa dari kelas X.1 dan X.4 di SMA Negeri 5 Kabupaten Tangerang tahun ajaran 2024/2025. Data penelitian dikumpulkan melalui pretest-posttest hasil belajar dan skala awal-skala akhir motivasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-p untuk uji Manova sebesar 0,000 < 0,05 sehingga terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar dan motivasi belajar Matematika. Nilai-p untuk uji korelasi sebesar 0,011 < 0,05 sehingga terdapat korelasi antara motivasi belajar dengan hasil belajar Matematika. Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe TGT berpengaruh positif terhadap terhadap hasil belajar dan motivasi belajar Matematika siswa. Selain itu, motivasi belajar berkorelasi positif dengan hasil belajar Matematika siswa.
Copyrights © 2025