Entalpi Pendidikan Kimia
Vol 6 No 2 (2025)

Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Larutan Penyangga melalui Implementasi E-LKPD berbasis Discovery Learning Terintegrasi Live Worksheets

Mulyani, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Aug 2025

Abstract

Metode pembelajaran konvensional dan kurangnya inovasi dalam pembelajaran berdampak pada rasa bosan dan kurangnya keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran. Kurangnya keaktifan disebabkan oleh rendahnya motivasi yang ada dalam diri mereka, sehingga dapat berdampak pada kurang maksimalnya hasil belajar. Permasalahan tersebut menuntut adanya inovasi yang mampu meningkatkan motivasi dan prestasi belajar peserta didik. Inovasi yang diberikan berupa implementasi E-LKPD berbasis Live Worksheets dengan model discovery learning terhadap materi larutan penyangga. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa lembar observasi dan tes, dengan subjek penelitian kelas XI sebanyak 36 peserta didik. Analisis data pada penelitian tindakan kelas dalam kerangka lesson study ini dilakukan dengan menggunakan teknik kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian ini adalah pada siklus I, persentase motivasi belajar dan peserta didik yang memenuhi KKM berturut-turut adalah 27,78% dan 63,89%. Siklus II, persentase motivasi belajar dan peserta didik yang memenuhi KKM adalah 41,67% dan 72,22%. Selanjutnya, siklus III, persentase motivasi belajar dan peserta didik yang memenuhi KKM berturut-turut adalah 80,56% dan 86,11%. Secara keseluruhan, implementasi E-LKPD berbasis Live Worksheets dengan model discovery learning ini terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik pada materi larutan penyangga.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

epk

Publisher

Subject

Chemistry Education Social Sciences

Description

Entalpi Pendidikan Kimia is a journal that aims to share findings, result and review of research done by scholars in the filed of chemistry education. Entalpi Pendidikan Kimia Journal publishes either research articles or reviews that relate to the field of chemistry education. The coverage of ...