Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika materi pecahan berbasis problem based learning untuk mendukung pembelajaran berdiferensiasi di kelas V SDN Ciomas 3. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (RD). Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, serta angket validasi oleh ahli materi, ahli media, dan angket respon peserta didik. Subjek penelitian ini adalah 19 peserta didik kelas V SDN Ciomas 3. Hasil validasi dari dua ahli materi menunjukkan skor total sebesar 81 dengan rata-rata kelayakan 81%, yang termasuk dalam kategori “Sangat Layak Digunakan”. Validasi oleh dua ahli media menghasilkan skor 158 dengan rata-rata kelayakan 87,8%, juga masuk dalam kategori “Sangat Layak Digunakan”. Sementara itu, angket respon peserta didik terhadap LKPD memperoleh skor total 319 dari nilai maksimal 323, dengan persentase 98,9% dan berada dalam kategori “Sangat Baik.” Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa LKPD Matematika yang dikembangkan sangat layak dan efektif digunakan dalam mendukung pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap materi pecahan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025