Indonesian Journal of Education and Development Research
Vol 3, No 2 (2025): Juli 2025

Pengaruh Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Supervisi dan Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru di Madrasah Aliyah Unggulan Bina Insan Mulia Cirebon

Haris, Abdul (Unknown)
Bukhori, Moh (Unknown)
Dura, Justita (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2025

Abstract

Dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional, peran guru sebagai pendidik yang profesional, inovatif, dan mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan sangatlah penting. Kinerja guru dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik dari dalam diri guru maupun dari lingkungan eksternal. Salah satu faktor eksternal yang turut berperan adalah strategi kepemimpinan yang diterapkan oleh kepala sekolah. Kepala sekolah memiliki tanggung jawab strategis dalam mendorong peningkatan kualitas pembelajaran melalui pengembangan kinerja guru. Salah satu langkah yang dapat diambil adalah dengan melaksanakan supervisi secara terarah dan berkelanjutan. Di sisi lain, dari aspek internal, kompetensi guru menjadi faktor utama yang menentukan seberapa efektif mereka menjalankan tugasnya di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis : 1) Pengaruh strategi kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di Madrasah Aliyah Unggulan Bina Insan Mulia. 2) Pengaruh supervisi terhadap kinerja guru di Madrasah Aliyah Unggulan Bina Insan Mulia. 3) Pengaruh kompetensi guru terhadap kinerja guru di Madrasah Aliyah Unggulan Bina Insan Mulia. 4) Pengaruh strategi kepemimpinan kepala sekolah, supervisi dan kompetensi guru terhadap kinerja guru di Madrasah Aliyah unggulan Bina Insan Mulia. Diharapkan penelitian ini dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan ilmu pengetahuan, khususnya dalam bidang manajemen pendidikan, kepemimpinan pendidikan dan peningkatan kualitas tenaga pendidik. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh, sehingga diperoleh sampel penelitian sebanyak 30 orang guru di Madrasah Aliyah Unggulan Bina Insan Mulia Cirebon. Hal ini dikarenakan populasi penelitian masih masuk dalam kategori kecil. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa strategi kepemimpinan kepala sekolah memiliki pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kinerja guru. Supervisi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Kompetensi guru memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Strategi kepemimpinan kepala sekolah, supervisi dan kompetensi guru secara simultan bersama-sama memiliki pengaruh yang positif terhadap kinerja guru.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

IJEDR

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

IJEDR: Indonesian Journal of Education and Development Research dengan nomor ISSN terdaftar 3025-2385 (Cetak) dan 3025-2393 (Elektronik) adalah jurnal akses terbuka ilmiah yang diterbitkan oleh CV Rayyan Dwi Bharata. IJEDR: Indonesian Journal of Education and Development Research bertujuan untuk ...