Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya belajar dan kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar peserta didik kelas X pada mata pelajaran kimia baik secara parsial maupun simultan di SMA Negeri 15 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Angket gaya belajar dan kedisiplinan belajar yang telah divalidasi dibagikan kepada sampel berjumlah 154 peserta didik yang dipilih melalui teknik simple random sampling. Data nilai hasil belajar kimia dikumpulkan melalui dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear sederhana dan berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan antara gaya belajar terhadap hasil belajar kimia, (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar kimia, dan (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan secara simultan antara gaya belajar dan kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar kimia.
Copyrights © 2025