Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang efektifnya metode evaluasi konvensional guru dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis peserta didik, terutama karena penggunaan soal LKS dengen level kognitif rendah (C1-C3) dan penyajian secara manual. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menguji kelayakan, dan efektivitas media evaluasi Quizwhizzer. Menggunakan model ADDIE, penelitian RD ini melibatkan ahli materi, ahli media, dan peserta didik sebagai subjek penelitian. Data dikumpulkan melalui lembar validasi, lembar tes, dan lembar angket respon peserta didik. Analisis data meliputi hasil persentase validasi, angket respon, analisis butir soal, dan N-gain score untuk uji efektivitas. Hasil menunjukkan Quizwhizzer “sangat layak” dengan validasi ahli materi 92,5%, ahli media 95% dan respon peserta didik 84,70%. Efektivitas media terbukti dengan peningkatan hasil N-gain score kelas eksperimen (75,5%) yang lebih tinggi 12,8% dibandingkan dengan kelas kontrol (62,7%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah media evaluasi Quizwhizze yang dikembangkan layak digunakan, mendapatkan respon positif, dan efektif untuk digunakan dalam proses evaluasi.
Copyrights © 2025