EDUCENTER JURNAL PENDIDIKAN
Vol. 2 No. 1 (2023): Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan

Upaya meningkatkan hasil belajar “perhatian dan keaktifan” siswa pada muatan bahasa indonesia dengan model kooperatif learning

Indriani, Riris Sukma (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2023

Abstract

Laporan penelitian yang berjudul Upaya Meningkatkan Hasil Belajar “ Perhatian dan Keaktifan”Siswa Pada Muatan Bahasa Indonesia Dengan Model Kooperatif Learning ini bertujuan untuk mendapatkan informasi peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model kooperatif learning di kelas 5 SDN Kunci 1 Dander. Adapun masalah dalam penelitian ini yakni rendahnya perhatian dan keaktifan siswa dalam pembelajaran pada muatan bahasa Indonesia. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa yang berjumlah 20 siswa terdiri dari 9 laki-laki dan 11 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik observasi dan wawancara yang dilakukan selama penelitian pada siklus I dan siklus II sedang berlangsung. Peneliti mengharapkan untuk penelitian berikutnya agar memilih metode yang tepat dan menggunakan alat peraga yang mendukung terhadap materi pembelajaran untuk meningkatkan perhatian dan keaktifan siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

educenter

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Health Professions

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan, e-ISSN: 2827-7988, p-ISSN: 2827-8542, is a peer-refereed open-access national journal that has been established for the dissemination of state-of-the-art knowledge in the fields of education, teaching, development, instruction, educational projects and innovations, learning ...