Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pemanfaatan media digital dalam pembelajaran sastra, khususnya melalui platform interaktif. Dalam era digital, pembelajaran sastra dituntut untuk lebih inovatif agar mampu menjangkau generasi muda yang akrab dengan teknologi. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan data diperoleh melalui observasi, kuesioner, dan wawancara terhadap mahasiswa yang mengikuti pembelajaran sastra berbasis digital. Analisis difokuskan pada sejauh mana media digital dapat meningkatkan keterlibatan, pemahaman, dan apresiasi siswa terhadap karya sastra. Hasil penelitian menunjukkan bahwa platform interaktif seperti Google Classroom, Padlet, dan aplikasi literasi digital lainnya mampu meningkatkan motivasi dan partisipasi siswa. Selain itu, pembelajaran berbasis digital juga memperkaya metode apresiasi sastra melalui kolaborasi, diskusi daring, dan pemanfaatan multimedia. Penelitian ini berimplikasi pada pentingnya integrasi media digital dalam pembelajaran sastra sebagai upaya meningkatkan literasi dan minat baca generasi muda.
Copyrights © 2023