Journal of Mandalika Literature
Vol. 6 No. 3 (2025)

Efektivitas Model Problem-Based Learning dengan Media Wordwall dalam Meningkatkan Hasil Belajar Materi Jarak, Kecepatan dan Waktu

Ratna Zulvita, Debby (Unknown)
Sunanto (Unknown)
Chusnul Khotimah (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan rendahnya hasil belajar siswa kelas 4B SD Khadijah 3 Surabaya pada pelajaran matematika materi jarak, kecepatan dan waktu. Rendahnya hasil belajar siswa ditandai oleh persentase ketuntasan pra siklus hanya sebesar 42%. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 4B pada pelajaran matematika materi jarak, kecepatan, dan waktu dengan menggunakan model Problem-Based Learning dengan media Wordwall. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK), terdiri atas dua siklus dalam dua kali pertemuan. Masing-masing siklus dilaksanakan dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi (Arikunto, 2013). Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas 4B dengan jumlah 24 anak, terdiri dari 13 siswa perempuan dan 11 siswa laki-laki. Pengumpulan data menggunakan observasi atau pengamatan dan tes. Berdasarkan hasil penelitian, persentase ketuntasan hasil belajar pelajaran matematika materi jarak, kecepatan, dan waktu yang diperoleh dari siklus I sebesar 70,83% dan pada siklus II sebesar 87,50%. Dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas 4B setelah menggunakan model Problem-Based Learning dengan media Wordwall. Model Problem-Based Learning dengan media Wordwall dapat menjadi salah satu alternatif bagi guru dalam pelajaran matematika materi jarak, kecepatan, dan waktu di kelas 4B.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jml

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

Sebagai sarana penyebarluasan ilmu pengetahuan dan media komunikasi di kalangan masyarakat ilmiah, profesional, atau ...