Minimnya media pembelajaran yang digunakan selama proses pembelajaran mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan dari studi ini adalah untuk mengembangkan, menguji kelayakan serta keefektifan media Monopoli Cerita dalam meningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia khususnya materi unsur intrinsik cerita. Metode yang digunakan pada studi ini yaitu Research and Devoplment (RnD) dengan menggunakan model Borg and Gall. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, penyebaran angket serta pretest dan posttest.Hasil dari penelitian mengindikasikan bahwa Media Monopoli Cerita sangat layak untuk meningkatkan hasil belajar dengan penilaian dari ahli media 95%, ahli materi 94% ,angket tanggapan guru 93,75% dan angket tanggapan siswa 95%. Media Monopoli Cerita juga efektif digunakan dalam meningkatkan hasil belajar dengan peningkatan rata-rata pretest 51% dan postest 84%, hasil uji t-test menunjukkan 0,000,serta hasil uji N-Gain sebesar 0,6748 dengan kriteria sedang. Dengan demikian, media Monopoli Cerita efektif untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia (materi unsur intrinsik cerita) siswa kelas V SD Negeri 3 Ringinpitu Grobogan.
Copyrights © 2025