JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan
Vol 9, No 2 (2025): Mei

Pengembangan Media Pembelajaran Flashcard Interaktif Berbasis Qr-code Menggunakan Model Make a Match Untuk Peningkatan Hasil Belajar Majas Personifikasi Kelas IV

Aldha, Cindy Febrianti Puspitasari (Unknown)
Yulianto, Sigit (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 May 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar majas  personifikasi di kelas IV SD Negeri Wonosari 03, yang disebabkan pembelajaran masih menggunakan metode ceramah dan belum optimalnya pemanfaatan media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) yang mengdaptasi model Borg and Gall yang dimodifikasi sugiyono dari 10 tahapan peneliti hanya menggunakan 8 tahapan saja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran ini layak berdasarkan penilaian ahli media dan ahli materi sebesar 91% tanggapan guru 95%, dan tanggapan siswa 96%. Efektivitas  media pembelajaran dibuktikan melalui uji signifikasi yang menunjukkan nilai 0,001 > 0,005 dengan peningkatan rata-rata dari pretest 44,7 menjadi 87,4 pada  posttest. Hasil uji N-Gain mencapai 78,69% yang termasuk dalam kategori tinggi, membuktikan bahwa media flashcard interaktif berbasis Qr-code dengan model make a match efektif meningkatkan hasil belajar majas personifikasi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIKAP

Publisher

Subject

Education

Description

JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan merupakan Jurnal Pendidikan dan pembelajaran yang dikelola secara proses peer review, menerima Artikel tentang Pendidikan, Pendidikan Dasar dan Pembelajaran. Jurnal JIKAP PGSD mulai tahun 2019 terbit 3 kali dalam setahun yaitu bulan Januari, Mei dan ...