Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan efektivitas model pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) berbantuan media bingo dalam membantu siswa kelas empat mengalami peningkatan hasil belajar. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen kuantitatif, yaitu pretes-postes satu kelompok. Populasi penelitian terdiri dari 19 siswa kelas IV dengan 11 siswi perempuan dan 8 siswa laki-laki, dan metode pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Data dikumpulkan melalui tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dievaluasi dengan uji-t. berdasarkan penemuan dari peneliti, penggunaan model pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) berbantuan media bingo dapat meningkatkan pengetahuan siswa dengan menggunakan uji t sampel berpasangan. Temuan menunjukkan bahwa nilai t hitung adalah -23.066, dengan nilai sig. 0,000. Nilai sig (2-tailed) adalah 0,00 yang mana lebih kecil dari kriteria signifikansi 0,05. Oleh karena itu, Ha diterima dan Ho ditolak. Uji Gain menunjukkan nilai rata-rata sebesar 0,5889 atau 59%. Dapat dikatakan bahwa model pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) dan media bingo dapat meningkatkan hasil belajar. Model STAD dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa.
Copyrights © 2025