JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan
Vol 9, No 3 (2025): September

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa SD

Salim, Putri (Unknown)
Amran, Muhammad (Unknown)
Hakim, Abdul (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPAS siswa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media Wordwall siswa kelas IV UPT SD Negeri 4 Massepe. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan desain Kemmis dan MC. Taggart Hasil penelitian menunjukkan peningkatan siginifikan pada proses dan hasil belajar siswa. Hasil Penelitian Pada siklus I aktivitas guru berada pada kategori Cukup (C) dengan persentase 66,66% dan meningkat pada siklus II menjadi kategori Baik (B) dengan Persentase 93,33%, Aktivitas siswa pada siklus I berada dalam kategori Cukup (C) dengan persentase 72,70%, meningkat pada siklus II menjadi kategori baik (B) dengan persentase 90,62%. Pada siklus I hasil belajar siswa memperoleh rata-rata 66,87 dengan ketuntasan 56,25% berada pada kualifikasi Kurang (K), sementara pada siklus II, skor rata-rata meningkat menjadi 79,68 dengan ketuntasan 87,5% berada pada kualifikasi Baik (B). Dengan demikian, simpulan dari penelitian ini adalah terdapat peningkatan hasil belajar IPAS siswa setelah diberikan perlakuan berbentuk penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan wordwall di kelas IV UPTD SD Negeri 4 Massepe.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIKAP

Publisher

Subject

Education

Description

JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan merupakan Jurnal Pendidikan dan pembelajaran yang dikelola secara proses peer review, menerima Artikel tentang Pendidikan, Pendidikan Dasar dan Pembelajaran. Jurnal JIKAP PGSD mulai tahun 2019 terbit 3 kali dalam setahun yaitu bulan Januari, Mei dan ...