Penelitian ini terdapat tujuan dalam meningkatkan hasil belajar siswa yang tergolong rendah untuk mata pelajaran Matematika materi bangun datar di SDN Sidokare 3 dengan menggunakan media Scan Mode berbasis Assemblr Edu. Penelitian ini memanfaatkan metode Re-search and Development (R&D) melalui model ADDIE, pengembangan media divalidasi dari 2 ahli merupakan 1 dosen ahli media dengan 1 guru wali kelas ahli materi. Pengumpulan data tersusun atas lembar validasi, soal pretest juga posttest, serta lembar respon siswa. Hasil validasi materi mendapatkan skor 95% diklasifikasikan “sangat layak”, serta hasil validasi media mendapatkan skor 96% diklasifikasikan “sangat layak”. Sedangkan untuk hasil belajar memperoleh skor 0,72 diklasifikasikan “tinggi” membuktikan terdapatnya peningkatan hasil belajar siswa. Pada respon siswa sesudah memanfaatkan media Scan Mode berbasis Assemblr Edu memperoleh skor 84% yang dikelompokkan “sangat baik”. Hasil dari penelitian pengembangan media Scan Mode berbasis Assemblr Edu merupakan diklasifikasikan sangat layak dimanfaatkan serta meningkatkan hasil belajar siswa juga memperoleh respon secara baik setelah siswa kelas V SDN Sidokare 3 menggunakan media Scan Mode berbasis Assemblr Edu pada mata pelajaran Matematika materi bangun datar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025