Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain, menguji kelayakan dan efektifitas media interaktif Smart Apps Creator untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 02 Payung. Metode penelitian yang digunakan adalah Research And Development (R&D) model Borg and Gall, dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN 02 Payung. Teknik pengumpulan data teknik tes (soal Pretest dan Posttest) dan teknik non tes (observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket). Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji-t, dan uji N-gain. Validasi dari ahli materi dan media sebesar 90% dan 94% (kriteria sangat layak). Hasil angket respon guru 98,07% dan respon siswa 96,32% (kriteria sangat layak). Efektivitas dilihat dari hasil Pretest dan Posttest terjadi peningkatan sebesar 32.66%. Hasil uji-t (Paired Sample t-test) menunjukkan hasil 0,001 < 0,005 sehingga Ha diterima. Hasil uji N-gain 0,72 dengan kriteria tinggi. Sehingga, media interaktif Smart Apps Creator berhasil dikembangkan, sangat layak, dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar Matematika materi pecahan pada siswa kelas V SDN 02 Payung.
Copyrights © 2025