Japam
Vol 5 No 1 (2025)

Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Mengembangkan Minat Dan Aktivitas Belajar Pendidikan Agama Hindu Siswa Kelas IV di SDN 1 Amparita Kabupaten SIDRAP

Asis T (Unknown)
Relin D.E (Unknown)
Ni Nyoman Perni (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Sep 2025

Abstract

Proses pembelajaran Agama Hindu di kelas IV UPT SD Negeri 1 Amparita yang masihmenerapkan metode pembelajaran konvensional dan belum bervariasi, sehingga minat dan aktifitassiswa dalam belajar masih rendah. Minat dari siswa belum sepenuhnya mencerminkan rasa belajaryang pasif dan aktivitas belajar yang belum melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran.Selanjutnya pembelajaran masih terpaku kepada buku teks yaitu hanya hapalan konsep-konsep saja.Oleh karena itu diperlukan adanya penggunaan model pembelajaran yang tepat untuk mengatasi haltersebut. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana langkah-langkahpembelajaran berdiferensiasi dalam mengembangkan pembelajaran Pendidikan Agama Hindu diKelas IV UPT SDN 1 Amparita, bagaimana faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaranberdiferensiasi dalam mengembangkan minat dan aktivitas belajar siswa Pendidikan Agama Hindukelas IV UPT SDN 1 Amparita?, Bagaimana dampak pembelajaran berdiferensaisi dalammengembangkan minat dan aktifitas belajar siswa dalam pembelajaran agama Hindu kelas IV UPTSDN 1 Amparita kabupaten sidrap?. Penerapan model pembelajaran berdiferensiasi padapembelajaran pendidikan agama hindu dalam peningkatan minat dan aktivitas belajar denganmenggunakan tiga (3) pendekatan antara lain pendekatan konten atau materi melalui penyajiankonten yang beraneka seperti melalui buku paket, media power point, video ataupun majalah,pendekatan pada proses pembelajaran dengan diskusi kelompok, penyajian materi secara persentasedan melakukan refleksi serta penayajian hasil produk sesaui dengna kemampuan dan minat siswaseperti membuat video, bagan, table, cerita singkat

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

japam

Publisher

Subject

Religion Humanities Other

Description

JAPAM (Jurnal Pendidikan Agama) merupakan jurnal ilmiah yang memiliki misi memperluas kajian bidang pendidikan agama sebagai referensi dalam mewujudkan pendidikan agama yang moderat. Penguatan pendidikan agama penting untuk dioptimalkan, tidak hanya di lingkungan keluarga maupun pendidikan formal ...