Proses pembelajaran Agama Hindu di kelas IV UPT SD Negeri 1 Amparita yang masihmenerapkan metode pembelajaran konvensional dan belum bervariasi, sehingga minat dan aktifitassiswa dalam belajar masih rendah. Minat dari siswa belum sepenuhnya mencerminkan rasa belajaryang pasif dan aktivitas belajar yang belum melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran.Selanjutnya pembelajaran masih terpaku kepada buku teks yaitu hanya hapalan konsep-konsep saja.Oleh karena itu diperlukan adanya penggunaan model pembelajaran yang tepat untuk mengatasi haltersebut. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana langkah-langkahpembelajaran berdiferensiasi dalam mengembangkan pembelajaran Pendidikan Agama Hindu diKelas IV UPT SDN 1 Amparita, bagaimana faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaranberdiferensiasi dalam mengembangkan minat dan aktivitas belajar siswa Pendidikan Agama Hindukelas IV UPT SDN 1 Amparita?, Bagaimana dampak pembelajaran berdiferensaisi dalammengembangkan minat dan aktifitas belajar siswa dalam pembelajaran agama Hindu kelas IV UPTSDN 1 Amparita kabupaten sidrap?. Penerapan model pembelajaran berdiferensiasi padapembelajaran pendidikan agama hindu dalam peningkatan minat dan aktivitas belajar denganmenggunakan tiga (3) pendekatan antara lain pendekatan konten atau materi melalui penyajiankonten yang beraneka seperti melalui buku paket, media power point, video ataupun majalah,pendekatan pada proses pembelajaran dengan diskusi kelompok, penyajian materi secara persentasedan melakukan refleksi serta penayajian hasil produk sesaui dengna kemampuan dan minat siswaseperti membuat video, bagan, table, cerita singkat
Copyrights © 2025