Education Achievement: Journal of Science and Research
Volume 6 Issue 2 July 2025

Pengembangan Media Pembelajaran Dadu Bergambar Berbasis Model Auditory Intellectualy Repetition Untuk Melatih Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V SDN 381 Kanan Kabupaten Luwu

Safitri (Unknown)
Nursyamsi (Unknown)
Firman (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran dadu bergambar berbasis model Auditory Intellectualy Repetition (AIR) dalam upaya melatih keterampilan berbicara siswa kelas V SDN 381 Kanan Kabupaten Luwu. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian dan Pengembangan (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap: Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Subjek penelitian terdiri dari 18 siswa dan guru kelas V. Uji coba dilakukan di SDN 381 Kanan, Kabupaten Luwu. Instrumen penelitian meliputi angket validasi ahli, angket praktikalitas, dan tes efektivitas. Validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa. Media dirancang menggunakan kubus kardus modifikasi yang menampilkan gambar cerita yang selaras dengan materi cerita fiksi malin kundang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan sangat valid (87%-92%), sangat praktis (88%-94%), dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Penggunaan media ini melibatkan siswa secara aktif dan mendorong mereka untuk mengungkapkan gagasan dengan percaya diri dan koheren.  

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jsr

Publisher

Subject

Education Other

Description

Education Achievement: Journal of Science and Research terbit 3 kali dalam setahun, yaitu bulan Oktober, Februari dan Juni, Education Achievement: Journal of Science and Research merupakan jurnal pada bidang yang berkaitan dengan Pendidikan, yang meliputi studi tekstual dan lapangan dengan berbagai ...