Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan ketrampilan berfikir tingkat tinggi melalui model Project Based Learning dan Problem Based Learning. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang secara umum terdiri dari 2 (dua) siklus. Masing-masing siklus terdapat 4 (empat) tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X MIPA 3 yang berjumlah 25 siswa. Penelitian ini difokuskan pada materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, lembar observasi, dan angket siswa. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa motivasi belajar siswa pada mata pelajaran kimia meningkat dengan pembuatan proyek alat uji elektrolit dan non elektrolit. Hasil menunjukkan bahwa rerata hasil peningkatan pada motivasi belajar siswa pada indikator cita-cita (87,5%), kemampuan belajar (82%), kondisi siswa (75%), unsur dinamis (80%), kondisi lingkungan (90%), penyampaian guru (90,5%) dan hasil belajar (89,5%). Terdapat peningkatan ketrampilan berfikir tingkat tinggi dari soal kognitif sebesar 51,25%. Kata Kunci: Ketrampilan Berfikir Tingkat Tinggi, Motivasi Belajar, Project Based Learning, Problem Based Learning
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023