Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 10, No 1 (2025)

Pendampingan Pemanfaatan Media Digital Untuk Meningkatkan Akses Pasar Produk UMKM Masyarakat Desa Bagan Kuala Kabupaten Serdang Bedagai

Prabhaswara, Muhammad Prakoso (Unknown)
Thariq, Muhammad (Unknown)
Hardiyanto, Sigit (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2025

Abstract

vMasalah adaptasi teknologi dapat dilihat dariketerbatasan literasi digital yang membuat sebagian pelakuUMKM masih kesulitan memahami serta menerapkanpenggunaan platform media digital seperti live Instagram,marketplace, dan aplikasi pemasaran teknologi lainnya. Halini mengakibatkan kurangnya optimalisasi penggunaanmedia dalam rangka meningkatkan jangkauan pasar.Kegiatan pengabdian kepada masyarakat bertujuan untukmemberikan pendampingan pemanfaatan media digital untukmeningkatkan akses pasar produk UMKM masyarakat DesaBagan Kuala Kabupaten Serdang Bedagai. Metodepelaksanaan pengabdian kepada masyarakat denganpendekatan partisipatif dan kolaboratif dengan melibatkanmasyarakat dalam semua tahap, yaitu perencanaan,pelaksanaan, dan penilaian. Mereka melakukan hal inidengan cara mengenali permasalahan, meningkatkanpemahaman, dan mendorong partisipasi masyarakat. Hasilkegiatan pengabdian kepada masyarakat dapat memberikankontribusi positif dalam meningkatkan pengetahuan sertapemahaman masyarakat sebagai pelaku UMKM di DesaBagan Kuala Kabupaten Serdang Bedagai, melalui mengenaiasal-masal tentang keberadaan UMKM. Melalui kegiatansosialisasi dan pendampingan, dapat memperkuat posisiUMKM yang dikelola masyarakat di tengah persaingan

Copyrights © 2025